Dalam perjalanan menuju kebebasan finansial, pasti kamu mencari-cari tahu gimana caranya mengelola keuangan yang memberikan keuntungan. Pastinya, untuk mencapai tujuan keuangan kamu harus melakukan pengelolaan keuangan yang menguntungkan.

Tapi, dengan banyaknya instrumen keuangan, apa sih instrumen keuangan yang cocok? Salah satu alternatif untuk menumbuhkan keuangan kamu adalah pendanaan peer to peer lending Indonesia terbaik atau yang dikenal sebagai P2P.

Apa itu Peer to Peer Lending?

P2P adalah platform keuangan yang mempertemukan investor sebagai pemilik modal dan peminjam yang membutuhkan modal.

Jadi, di platform P2P Lending, kamu bisa menjadi investor ataupun peminjam. Nah, disini, kita akan bahas tentang keuntungannya menjadi investor atau pendana di platform P2P.

Keuntungan Menjadi Pendana Peer to Peer Lending

Berikut adalah keuntungan yang bisa di dapatkan untuk menjadi pendana P2P lending.

  1. Return / Imbal Hasil Tinggi

Kamu bisa mendapatkan imbal hasil atau untung hingga 12% p.a. Jika dibandingkan dengan bunga deposito kira-kira 3-4%, pendanaan Peer to Peer Lending memberikan keuntungan yang lebih tinggi

  1. Peminjam Berkualitas

Kamu ga perlu takut apakah peminjam akan mengembalikan pendanaan dengan keuntungannya. Platform p2p lending investasi sudah menganalisa kelayakan peminjam, jadi ga perlu bingung apakah uang yang kamu berikan akan dikelola dengan benar.

  1. Instrumen Untuk Diversifikasi

Dalam mengelola keuangan yang sehat dan investasi yang bijak, kamu sangat disarankan untuk menempatkan uang di beberapa instrumen keuangan. Kenapa? Tujuannya adalah untuk menurunkan resiko atau meratakan resiko. Pendanaan p2p bisa memberikan keuntungan yang tinggi, tetapi dengan resiko yang juga tinggi.

  1. Mempunyai Sistem Asuransi Pendanaan

Beberapa platform p2p lending menawarkan asuransi untuk pendanaan kamu. Jadi, asuransi ini gunanya adalah untuk mengurangi resiko gagal bayar dari peminjam. Sehingga, pendanaan kamu bisa lebih aman dan tenang dengan menempatkan uang di p2p lending.

Cara Menjadi Investor P2P Lending

Jika kamu ingin menanamkan modalmu maka kamu akan diberikan akses untuk mengetahui sejumlah data pengajuan pinjaman di aplikasi tersebut. Kemudian kamu bisa memilih pinjaman mana yang akan kamu berikan modalnya. Tentunya hal ini bisa dilakukan setelah dilakukan deposit sesuai pilihanmu.

Pastikan kamu sudah meneliti seluruh data mengenai pihak yang mengajukan pinjaman termasuk soal pendapatan, riwayat keuangan, dan latar belakang lainnya. Kemudian, kamu akan mendapatkan keuntungan dalam jangka tertentu lewat pokok pinjaman dan bunga yang telah disepakati sebelumnya.

Keuntungan Meminjam atau Investasi di P2P Lending

  1. Bagi Peminjam

Salah satu manfaat meminjam di P2P Lending adalah suku bunga yang rendah jika dibandingkan suku bunga yang diterapkan bank atau lembaga keuangan lainnya. Di mana, kamu bisa mendapatkan tingkat bunga antara 12-20% dari lembaga keuangan. Sedangkan pinjaman dari P2P Lending, kamu bisa mendapatkan suku bunga yang lebih rendah.

Kelebihan lainnya yaitu proses pengajuan pinjamannya tidak seformal ketika mengajukan pinjaman di lembaga keuangan seperti bank. Di mana, dengan P2P Lending, proses pengajuan pinjaman jauh lebih cepat dan mudah dan dengan syarat-syarat yang lebih simpel.

Nantinya, jika kamu memiliki catatan buruk soal pinjaman keuangan, kamu bisa menjelaskan alasan di balik kenapa hal tersebut terjadi. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengajukan pinjaman dengan tujuan ataupun alasan apa saja selama ada orang yang akan dan mau mengalokasikan uangnya untuk kamu. Hebatnya lagi, kamu bisa mendapatkan pinjaman tanpa perlu menjaminkan barang atau aset yang kamu miliki.

  1. Bagi Investor

Dengan memulai investasi peer to peer lending syariah Indonesia, kamu tidak perlu lagi khawatir mengenai masalah keamanan. Namun, pastikan kamu berinvestasi ke P2P Lending yag telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Selain itu, dengan menggunakan P2P Lending, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil yang cukup menjanjikan sehingga keuntungan yang didapatkan lebih maksimal. Kamu juga bisa memecah modal yang kamu salurkan ke berbagai usaha, sehingga kesempatan mendapatkan untuk menjadi lebih besar.