Sebagai salah satu kota yang terkenal akan wisata kulinernya, tak heran kalau Bandung punya begitu banyak pilihan yang bisa Anda nikmati. Mulai dari panganan rekomendasi sky lounge di Bandung sampai jajanan pinggir jalan, semuanya ada, termasuk makanan lezat yang cocok untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Nah, apa saja, ya oleh-oleh makanan khas Bandung itu? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

6 Makanan Khas Bandung yang Pas untuk Oleh-Oleh

Pisang bolen

Ketika Anda mampir ke Bandung, membeli pisang bolen adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan. Tak cuma dinikmati sendiri, Anda juga bisa membawa pulang beberapa kotak sebagai oleh-oleh untuk tetangga, teman, atau saudara. Selain rasa original, Anda juga bisa pilih varian rasa lainnya. Misalnya pisang bolen dengan isian cokelat maupun keju yang sangat disukai banyak orang, sampai pisang bolen berisi durian.

Peuyeum

Makanan khas Bandung lain yang sangat ikonik dan biasa dibawa pulang sebagai buah tangan adalah peuyeum. Peuyeum adalah sebutan masyarakat Sunda untuk tapai, jadi peuyeum dan tapai itu sama saja, ya. Kuliner khas Bandung ini sangat mudah ditemukan, mulai dari toko oleh-oleh sampai pedagang di pasar. Harganya juga sangat terjangkau.

Surabi Bandung

Serupa dengan peuyeum, surabi alias serabi juga merupakan makanan tradisional khas Bandung yang sangat identik dengan kota berjulukan Paris van Java ini. Apalagi, surabi Bandung sekarang sudah dimodifikasi agar semakin modern lewat beragam pilihan topping menarik. Makanan ini paling cocok jadi cemilan saat ngeteh atau ngopi.

Gepuk

Kuliner khas Bandung lainnya yang wajib Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah gepuk. Makanan ini merupakan hasil olahan daging sapi atau ayam, yang dipipihkan dengan cara digepuk atau digeprek. Kemudian, daging tersebut ditusuk dengan batang lidi. Anda bisa pilih rasa yang Anda suka dari berbagai varian yang ada, seperti less sugar, original, super pedas, chicken original, asin, atau chicken spicy.

Oncom

Mirip seperti peyeum dan surabi, oncom juga merupakan makanan tradisional khas Bandung yang sangat ikonik. Oncom sendiri terbuat dari kacang yang diolah dengan cara difermentasi. Kemudian, oncom dapat diolah jadi berbagai jenis makanan, seperti keripik oncom yang gurih dengan cita rasa unik.

Basreng

Basreng alias bakso goreng adalah salah satu camilan nikmat khas Bandung. Meskipun Anda sudah bisa menemukannya di kota asal Anda, rasanya masih belum ada yang bisa mengalahkan basreng yang asli dari Bandung. Basreng sendiri dibuat dari bakso ikan yang kemudian diiris—bentuk bulat tipis-tipis maupun memanjang—kemudian digoreng.

Tak hanya cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, keenam makanan khas Bandung di atas juga cocok untuk Anda bawa pulang sebagai stok cemilan di rumah. Dari semua rekomendasi di atas, mana yang paling bisa membuat Anda jadi makin tak sabar ingin segera mampir ke Paris van Java?